Senin, 04 Oktober 2010

Geologi Minyak dan Gas Bumi

Ini adalah pertanyaan dari teman saya sewaktu diskusi di ruang kuliah, dan akhirnya dosen kami, Bapak Prof.Dr.Ir.A.M.Imram Oemar memberilkan pertanyaan tersebut menjadi bahan tugas.... setelah penulusuran dan dederapa eh ko pake dede yah, hihi,, beberapa loh maksudnya. sedikit pengkajian maka lahirlah jawaban dari pertanyaan tersebut..

Tugas 1
- Apakah breksi dapat menjadi batuan induk (Source Rock)

Jawab :

Berdasarkan penelusuran saya terhadap data yang bisa di dapatkan pada unggahan blog ataupun data yang tersaji pada google search atau pun pencari lainnya, serta di tambah hasil diskusi dengan teman-teman yang ada, saya menbuat suatu kesimpulan….
Saya menyimpulkannya menjadi 2 bagian yaitu :

1. Tidak dapat menjadi batuan induk atau Source Rock
2. Dapat menjadi batuan induk atau Sorce Rock dengan bersyarat

Tidak dapat menjadi batuan induk atau Source Rock

Breksi adalah jenis batuan sedimen yang mempunyai ukuran butir lebih besar dari 2mm dengan bentuk butiran relative menyudut. Breksi juga merupakan kumpulan atau mempunyai material yang berasal dari batuan yang telah ada. Hal ini yang menyebabkan sulitnya breksi menjadi batuan induk dimana besarnya ukuran butir yang dimiliki oleh batuan ini serta besarnya pori dan minimnya material organic yang terkandung di dalamnya membuat batuan ini sulit menjadi batuan induk, jika ditinjau dari material organic yang terkandung di dalam batuan ini kemungkinan akan sangat susah bertahan di dalamnya, dengan ukuran butir yang cukup besar serta rongga yang relative banyak, memungkinkan material organic susah berada di dalam batuan ini, dikarenakan sifat atau karakteristik batuan yang dapat menjadi batuan induk itu sendiri harus kaya akan material organic yang dapat menghasilkan Hydro Carbon, serta mempunyai permeabilitas yang baik

Dapat menjadi batuan induk atau Source Rock

Breksi mungkin saja dapat menjadi batuan induk atau Source rock, ini memungkinkan apabila material batuan ini mengandung material batuan lempung ataupun Batu pasir yang mempunyai ataupun merupakan karakteristik yang kaya akan material organic dan mempunyai permeability yang baik, hal ini bisa saja terjadi ada 2 contoh kasus yang dapat di jadikan factor di dalamnya:

a. Gejala Vulkanisme

Gejala vulkanisme ini bisa menjadi factor terbentuknya breksi dengan material lempung dan pasir yang tertransportasi hingga ke laut dalam akibat media-media geologi seperti air ataupun angin sehingga mempunyai kemungkinan untuk menjadi batuan induk.

b. Gejala Stuktur

Gejala struktur dapat menjadi factor terbentuknya breksi dengan material lempung ataupun material batuan lainnya yang dapat menjadi batuan induk. Apabila gejala struktur terjadi pada daerah yang mempunyai material lempung seperti laut dalam akan menghasilkan breksi yang bermaterial lempung sehingga dapat menjadi batuan induk, namun kesimpulannya tetap batulempung yang berpotensi menjadi batuan induk.

Inilah jawaban dari hasil diskusi dan penelusuran baik di om google, atau pun di literatur,,,, semoga jawaban ini bisa bermanfaat bagi temen-temen,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar